Parade Pertama Hari Buruh

Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada 1 Mei dan dikenal dengan sebutan May Day. May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politik hak-hak industrial. Ada dua orang yang dianggap telah menyumbangkan gagasan menghormati para pekerja. Mereka yaitu Peter McGuire dan Matthew Maguire, pekerja mesin dari Paterson, New Jersey.

 Pada 1881, McGuire pindah ke St Louis dan mulai mengorganisasi para tukang kayu. Akhirnya, didirikanlah sebuah persatuan yang terdiri atas tukang kayu di Chicago. Ide untuk mengorganisasi pekerja menurut bidang mereka kemudian merebak ke seluruh negara. Mereka merencanakan hari libur untuk para pekerja di setiap Senin pertama September di antara hari kemerdekaan dan hari pengucapan syukur.

 Pada 5 September 1882, parade pertama Hari Buruh diadakan di New York dengan 20 ribu peserta. Mereka membawa spanduk bertuliskan, ‘8 Jam Kerja, 8 Jam Istirahat, 8 Jam Rekreasi’. McGuire dan Maguire memainkan peran penting dalam penyelenggaraan parade itu. Di tahun-tahun berikutnya, gagasan itu menyebar dan semua negara bagian merayakannya.

 Banjir Besar di Cina

 Tanggal 5 September 1887, air sungai besar Hwang Hu di Cina mulai meluap. Banjir besar akibat meluapnya sungai ini terus berlangsung hingga satu bulan. Korban jiwa yang jatuh sekitar 900 ribu orang. Beberapa kota, ratusan desa, serta kawasan pertanian yang luas juga hancur akibat banjir tersebut. Sungai Hwang Hu mengalir di bagian timur Cina dan memiliki panjang 5200 kilometer.

 Berakhirnya Perang Rusia-Jepang

 Perang Rusia-Jepang dimulai pada 10 Februari 1904 dan berakhir 5 September 1905. Peperangan itu merupakan konflik paling berdarah yang tumbuh dari persaingan antara ambisi imperialis Rusia dan Jepang di Manchuria serta Korea. Peperangan itu terutama terjadi karena perebutan Kota Port Arthur dan Jazirah Liaodong, ditambah dengan jalur rel dari pelabuhan tersebut ke Harbin.

 Setelah gagal mendapatkan perjanjian yang menguntungkan dengan Rusia, Jepang mengirimkan sebuah ultimatum pada 31 Desember 1903. Jepang juga memutuskan hubungan diplomatik pada 6 Februari dan mulai menyerang dua hari kemudian. Kedua pihak mengeluarkan pernyataan perang pada 10 Februari.

 Perang itu menandai bangkitnya kekuatan Asia menandingi kekuatan Barat yang berkuasa di China saat itu. Kemenangan Jepang membuat kekuatan Barat harus memperhitungkan mereka dalam urusan politik di Asia. Selain itu, kemenangan tersebut memicu kebangkitan nasional di negara-negara Asia lainnya yang sedang terjajah oleh negara Eropa.

 Voyager 1 Diluncurkan

 Voyager 1 ialah pesawat antariksa tanpa awak. Itu merupakan benda buatan manusia yang lokasinya terjauh dari Bumi, dengan jarak 15 miliar kilometer dari Bumi (100 astronomical unit atau 9,3 miliar mil, per 17 Agustus 2006). Pesawat tersebut memasuki heliosheath atau selubung surya setelah melewati gelombang kejut yang membatasi tata surya.

 Saat diluncurkan pada 5 September 1977, tujuan utama Voyager 1 ialah menyelidiki Jupiter dan Saturnus beserta cincin dan bulan kepunyaan kedua planet tersebut. Namun, saat ini pesawat itu sedang menyelidiki heliopause dan medium antarbintang. Awalnya, Voyager 1 merupakan Mariner 11 untuk Program Mariner. Secara kebetulan, teknologi gravitational slingshot yang digunakan cocok dengan susunan planet yang memungkinkan penggunaan gravitasi planet untuk pesawat angkasa luar tersebut.

 Voyager 1 diluncurkan setelah Voyager 2 dan diatur pada jalur yang membuatnya lebih cepat sampai ke Jupiter dan Saturnus.

 Salah Satu Masjid Terbesar di Dunia, Dibangun di Maroko

 Tanggal 5 September 1993, salah satu masjid terbesar di dunia, dibangun di kota Casablanca, Maroko. Bangunan masjid ini menggunakan teknik modern dan menaranya memiliki aliran seni Islam. Bagian utama masjid itu memuat 25 ribu orang dan bagian sekitarnya bisa menampung 75 ribu orang.

 Dinding mesjid ini dihiasi dengan marmer indah yang berpola handasi. Di dalam kompleks masjid ini, dibangun pula sebuah perpustakaan dan sebuah hauzah ilmiah. (IRIB Indonesia)